Tips Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Mudah

Selasa, 07 Maret 2017 - 10:21:30 WIB

Tips Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Mudah

Keberadaan akan WC memang selalu dianggap penting untuk setiap rumah, kantor, sekolah, tempat belanja dan lain sebagainya. Bahkan untuk saat ini sendiri dalam satu lokasi sudah memiliki lebih dari 1 tempat WC. Di perkotaan pun menggunaan WC yang ada di rumah juga mulai banyak seerti misalnya dalam 1 kamar ada 1 kamar mandi + WC di dalamnya. Jika dalam 1 umah terdapat 3 kamar tentu akan ada 3 kamar mandi + WC yang digunakan. Manfaat adanya WC akan mempermudah setiap penghuninya kan kebutuhan buang air besar atau BAB. Bayangkan saja jika WC yang ada di rumah anda mengalami problem seperti WC mampet pasti anda akan kerepotan dalam masalah BAB dan lain sebagainya.

WC adalah salah satu tempat yang memiliki fungsi yang sangat penting, tak sedikit orang yang meletakkan WC bersebelahan dengan kamar mandi atau justru dalam 1 tempat. Ini membuktikan bahwa penggunaan WC sama dengan penggunaan sumur, dimana WC adalah tempat pembuangan sedangkan sumur adalah tempat pengeluaran sumber air. Namun terkadang masalah yang terjadi pada WC juga menjadi poblem yang sangat komplek karena penghuninya akan kerepotan jika sewaktu-waktu akan berbuang hajat. Masalah yang paling sering terjadi adalah WC mampet. Permasalahan WC mamper seringkali memang dapata terjadi akibat adanya saluran yang tertutup ataupun saluran tidak dapat bejalan dengan lancar. Jika masalah tersebut sudah terjadi tentu anda tidak bisa langsung membenahinya. Selain harus membuka salurannya, tentu masalah bau kotoran, jijik dan lain-lain menjadi persoalan tersendiri bagi anda. Untuk masalah WC mampet anda bisa langsung percayakan kepada ahlinya. Ahli atau jasa sedot WC dapat menjadi solusi terbaik sebagai profesional yang akan mengatasi masalah WC mampet yang ada di umah ataupun kantor anda.

Perlu anda ketahui, masalah akan WC mampet sebenarnya dapat disebabkan oleh 2 faktor yang pertama adalah tedapat sumbatan pada saluran pembuangannya dan yang kedua dapat terjadi akibat tabung tank yang ada di dalam tanah atau galian tanahnya sudah penuh. Nah, untuk menangani masalah tersebut sebenarnya ada 2 pilihan: untuk masalah yang pertama seperti adanya sumbatan yang terjadi di saluran pembuangan WC anda dapat memanggil tukang ahli WC, biasanya ahli WC akan memeriksa adanya sumbatan pada saluran tersebut dan memperbaiki agar pembuangan yang masuk dapat terbuang secara sempurna di tank pembuangan. Nah, untuk masalah yang kedua anda juga dapat memilih solusi terbaik untuk mengatasinya. Untuk solusi yang pertama anda dapat membuat saluran pembuatan atau WC baru yang kedua anda dapat menggunakan jasa sedot WC untuk membersihkan semua kotoran yang sudah penuh.

Namun, jika masalahnya tidak terlalu parah anda dapat menanganinya dengan cara simple dan mudah misalnya saja untuk WC mampet. Mengatasi WC mampet anda dapat melakukannya dengan cara yang mudah seperti menyiram saluran pembungan dengan air panas yang anda rebus. Biasanya cara ini sangat efektif untuk mengatasi masalah WC mampet akaibat adanya benda yang menymbat di saluran pembungan. Namun jika cara ini kurang berhasil anda lakukan, dan WC yang ada di rumah anda tetap tidak dapat digunakan akibat adanya penyumbatan anda bisa langsung percayakan masalah tersebut kepada ahlinya.

Selain cara di atas, asih ada beberapa cara lain untuk mengatasi WC mampet dengan mudah dan dapat anda lakukan sendiri. Berikut adalah cara mengatasi WC mampet dengan mudah dan cepat:

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Soda Api

Berikut adalah tips mengatasi WC mampet dengan menggunakan soda api dan bisa langsung anda praktekkan sendiri:

  1. Untuk langkap pertama siapkan soda api, anda bisa langsung membelinya di toko terdekat.
  2. Tuangkan cairan soda api ke dalam lubang Wc, cara ini dapat digunakan untuk jenis WC jongkok ataupun WC duduk.
  3. Sapkan air panas yang sudah direbus sampai mendidih, setelah itu anda dapat menuangkannya satelah soda api anda tuangkan. Ingat penuangan air sebaiknya dituangkan secara sedikit demi sedikit tujuannya agar uap soda api tidak keluar dan menyembur anda.
  4. Selain itu di dalam penuangan tersebut sebaiknya jarak tangan dan muka anda agak jauh, hal ini berjutuan untuk mengindari uap soda yang akan mluber karena saat penuangan air panas yang dicampur dengan soda api akan terjadi reaksi uap panas yang akan berbahaya jika terkena kulit tubuh anda.
  5. Patikan penuangan air panas tersebut sampai soda yang ada dilubang pembuangan sampai habis.
  6. Setelah itu anda dapat menunggunya hingga beberapa menit saja. Lihat hasilnya, jika hasilnya WC tetap masih mampet dan tidak dapat menampung pembungan maka anda boleh mencobanya satu kali lagi. Namun jika cara yang kedua juga belum nampak hasilnya, maka sebaiknya silahkan konfitmasikan kepada ahli WC terpercaya untuk menangani masalah WC mampet tersebut.

Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Sabun Mandi/Cuci

Berikut adalah tips mengatasi WC mampet dengan menggunakan sabun mandi atau cuci dan bisa langsung anda praktekkan sendiri untuk mengatasi masalah WC mampet yang ada di rumah anda:

  1. Siapkan sabun mandi atau cuci cair yang biasa anda gunakan sehari-hari. Jika adi rumah tidak ada anda dapat membelinya sebenta di toko terdekat.
  2. Setelah itu larutkan sabun tersebut bersamaan dengan air secukupnya. Anda dapat menggunakan ember atau timba sebagai tempat pelarutannya.
  3. Setelah air dan sabun terlarut secara merata, siramkan air larutan tersebut ke lubang WC, tunggu sebentar kemudian siram dengan menggunakan air panas. Sebelumnya anda juga dapat mempersiapkan rebusan air mendidih.
  4. Jika air panas sudah anda tuangkan, tunggu beberapa menit kemudian, lalu siramkan air sebanyak-banyaknya ke dalam lubang WC. Tujuannya agar benda yang tersumbat di saluran pembuangan dapat segera terbuang.
  5. Terus siram menggunakan air sebanyak-banyaknya hingga saluran dapat meresap beberapa air yang anda tuangkan secara baik. Jika cara ini tidak berhasil anda masih punya beberapa cara lainnya untuk mengatasi WC mampet tersebut.

Cara Mengatasi WC Mampet Denga Plunger

Untuk cara mudah lainnya yang dapat anda gunakan dalam mengatasi masalah mengatasi WC mampet adalah dengan menggunakan plunger. Cara mengatasi WC mampet dengan plunger ini sudah terbukti berhasil mengatasi WC yang bermasalah. Dan sudah banyak yang berhasil dalam mengatasi permasalahan WC tersebut.

Tips Mengatasi WC Mampet Dengan Cara Alami

Selain menggunakan cara mengatasi mampet pada WC ada beberapa cara lain yang lebih alami untuk mengatasi masalah WC mampet di rumah anda. Cara ini lebih mudah anda lakukan sekaligus hasilnya juga tak kalah dari cara yang ada di atas tadi. Berikut beberapa cara mengatasi WC mampet secara alami yang dapat anda terapkan untuk masalah WC anda:

  1. Cara petama dapat anda lakukan dengan menggunakan bubuk soda kue yang bisa anda tuangkan ke dalam lubang toilet atau WC yang telah anda larutkan bersamaan dengan air.
  2. Setelah anda tuangkan soda kue yang telah dilarutkan bersamaan dengan air anda bisa tuangkan lagi soda putih, nah untuk penuangannya anda harus berhati-hati kaena jika soda kue yang di campukan dengan cuka putih maka dapat menuap dan menhasilkan busa. Jika busa dalam lubang pembuangan WC sudah sangat banyak maha hentikan mencamput dengan cuka putih karena jika kebanyakan bisa saja akan terjadi luapan busa soda yang dapat membahayakan bagi anda jika terkena di kulit atau bagian lainnya.
  3. Setelah busa sudah terlalu banyak maka diamkan hingga busanya sedikit menghilang
  4. Jika sudah anda diamkan beberapa menit, maka anda dapat menuangkan air panas ke dalam lubang tersebut. Lihatlah reaksinya jika terdapat gelembung-gelembung maka soda kue dan cuka putih yang anda masukkan tadi bereaksi untuk menghancurkan benda yang menjadi penyebab utama adanya penyumbatan pada lubang toilet atau WC anda.
  5. Setelah itu siram dengan menggunakan air sebanyak-banyaknya agar benda masuk ke dalam tank pembuangan bersama air yang anda siramkan tersebut.
  6. Jika langkah ini sudah anda lakukan, maka diamkan selama kurang lebih 1 malam untuk memastikan bahwa menda benar-benar hancur dan terbawa ke dalam tank pembuangan bersama air. Keesokannya nada sudah bisa menggunakannya kembali.

Setelah memberikan informasi mengenai tips cara mengatasi WC mampet, berikut kami juga akan memberikan tips untuk anda dalam menghindari masalah WC mampet. Berikut beberapa tips dan cara menghindari sumbatan pada lubang WC atau toilet anda:

Cara Menghindari WC Mampet

  1. Jangan sesekali membuang apapun ke dalam lubang toilet atau WC, banyak kita ketahui jika pembuangan bungkus sabun, shampoo, pembalut da lain-lain seringkali di buang pada luang WC. Hal ini dapat menyumbat lubang pembungan atau pipa pembungan di WC tersebut.
  2. Hindari pembawaan mainan anak-anak ke kamar mandi atau dekat toilet. Biasanya yang sering terjadi anak-anak akan melemparkan mainannya ke dalam lubang toilet sehingga lubang akan tersumbat dengan mainan dan tidak dapat berjalan lancar.
  3. Yang lebih familiar lagi, biasanya setelah penggunaan tisu kamar mandi seseorang akan membuangnya ke dalam lubang toilet bukan di tempat sampah. Sebenarnya cara tersebut sangat salah, meskipun tisu memiliku tekstur yang lentur dan dapat larut atau pecah jika terkena air, namun tak menutup kemungkinan jika bekas tisu tersebut akan mempengaruhi lubang pembuangan yang ada di WC maka WC akan mengalami mampet dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Dari beberapa cara mengatasi masalah WC mampet dan cara menghindari adanya sumbatan di WC di atas dapat anda praktikkan sendiri jika WC di rumah anda mengalami masalah. Dari beberapa cara di atas, anda dapat memilihnya, namun jika masalah tersebut tidak usai terselesaikan maka langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan mengkonfirmasikannya ke ahli WC profesional. Jasa ahli WC adalah salah satu jasa profesional yang akan mebantu anda dalam mengatasi berbagai masalah WC mampet, tank WC yang penuh ataupun masalah lainnya yang membuat WC atau toilet tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya. Untuk masalah WC yang tidak berfungsi atau mampet maka silahkan percayakan pada Sedot WC jogja Profesional dan terpercaya.