Cara Mengatasi WC mampet tanpa bongkar

Senin, 14 Juni 2021 - 21:43:30 WIB

Murah Meriah, 6 Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Perlu Bongkar

Kebanyakan orang memilih untuk membongkar wc saat terjadi mampet. Ini karena wc yang nampet merupakan masalah yang besar. Padahal sebelum memutuskan untuk membongkar wc yang mampet, kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi wc mampet tanpa harus membongkar atau memanggil tukang sedot wc.

Selain memakan banyak biaya, membongkar wc dan salurannya juga bisa mengganggu sekitar karena aroma yang ditimbulkan. Jadi selagi bisa, sebaiknya gunakan metode atau cara sederhana untuk mengatasi wc yang mampet sebelum membongkar wc atau panggil jasa sedot wc

Cara mengatasi wc mampet tanpa bongkar mudah saja untuk dilakukan dan tidak memerlukan banyak biaya. Bahkan kamu bisa menggunakan bahan alami yang ada disekitarmu. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi wc yang mampet dirumah.

  •          Menggunakan Garam 

Cara mengatasi wc mampet tanpa bongkar sebaiknya dicoba dengan menggunakan bahan alami yang ada didapur. Kamu bisa memanfaatkan garam untuk mengatasi wc yang mampet. Caranya adalah dengan menyiapkan garam kasar atau bisa juga garam batu sebanyak 50p gram ( 2 bungkus).

Kamu hanya perlu menaburkan garam ke lubang wc lalu diamkan selama 2 jam. Setelah 2 jam siram wc dengan menggunakan air panas. Lalu wc yang mampet akan kembali bisa digunakan dengan normal. Jika menggunakan garam batu pastikan kamu sudah menghancurkan garam menjadi kepingan kecil. 

Cara mengatasi wc mampet dengan garam juga bisa dilakukan dengan menggunakan metode 8 jam. Caranya yaitu dengan menuangkan garam ke lubang kloset. Bisa garam kasar atau halus sebanyak 500 gram atau 2 bungkus. Lalu siram dengan air panas dan diamkan selama 8 jam.

Lebih baik lagi jika kamu diamkan semalaman saat malam hari. Keesokan paginya siram kloset seperti biasa. Larutan garam tersebut akan mendorong masuk kotoran yang menyumbat saluran septic tank. Jika menggunakan garam halus sebaiknya kamu tambahkan juga sedikit soda kue untuk memperkuat efek kerja dari garam. 

  •          Menggunakan Campuran Cuka dan Soda Kue

Selain garam, bahan dapur lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi wc mampet adalah soda kue dan cuka. Gabungan antara soda kue dan cuka memiliki kekuatan ekstra untuk mendorong kotoran yang menyumbat di saluran menuju septic tank. 

Cara mengatasi wc mampet menggunakan cuka dan soda kue adalah dengan menuangkan 1 cangkir soda kue ke dalam lubag wc. Lalu masukkan juga 2 cangkir cuka ke dalam wc. Diamkan setidaknya selama 1 jam lalu siram dengan air yang banyak.

Jika mampet terlalu parah, cobalah untuk diamkan soda kue dan cuka semalaman pada wc. Keesokan harinya siram wc dengan air yang banyak. Lalu wc siap kembali untuk digunakan. Penggunaan cuka putih dan soda kue ini juga bisa digunakan untuk kitchen sink yang mampet. 

  •          Menggunakan Bakteri Pengurai

Jika wc mampet disebabkan karena septic tank yang terlalu penuh maka kamu bisa memanfaatkan bakteri pengurai. Cairan bakteri pengurai ini bisa kamu beli di toko bangunan. Idealnya setahun sekali kamu bisa menuangkan cairan bakteri pengurai untuk menjaga agar septic tank tidak mampet.

Cara menggunakannya juga mudah. Cukup tuangkan bakteri ke dalam wc lalu tunggu semalaman. Besoknya siram wc seperti biasa. Sebaiknya hindari terlalu sering membersihkan wc dengan cairan pembersih karena dapat membunuh bakteri pengurai yang busa menjadi penyebab septic tank penuh.

Cairan bakteri pengurai ini biasanya dijual per dosis pemakaian. Namun ada juga yang dijual dalam bentuk jerigen. Dengan rutin menggunakan bakteri pengurai, selain wc tidak mampet, septic tank juga tidak penuh sehingga kamu bisa menghemat biaya sedot wc.

  •          Sabun Pencuci Piring dan Air Panas

Selain selalu ada di dapur, sabun cuci piring juga merupakan bahan murah yang mampu mengatasi toilet mampet. Jika tidak terlalu parah, kamu bisa menggunakan kombinasi sabun cuci piring dan air panas untuk mengatasi wc mampet.

Caranya adalah dengan menuangkan sabun cuci piring ke wc dan biarkan mengendap pada dasar wc. Lalu siram dengan air panas cukup banyak tapi jangan sampai meluap. Diamkan selama ±20 menit dan bilas wc seperti biasa.

  •          Menggunakan Detergen

Jika sabun cuci piring tidak mempan maka kamu bisa mencoba menggunakan deterjen. Caranya adalah dengan menuangkan sedikit detergent yang dicampur dengan cairan pemutih. Lalu siram wc berkali-kali hingga tidak mampet lagi.

Sama halnya dengan pencuci piring, penggunaan deterjen dan cairan pemutih ini bisa mengatasi wc mampet yang tidak terlalu parah kondisinya.

  •          Menuangkan Soda Api

Cara mengatasi wc mampet dengan soda api dinilai sebagai cara yang paling ampuh untuk mengatasi wc mampet. Soda api atau natrium hidroksida ini terbukti ampuh untuk mengatasi wc mampet dan saluran air lainnya seperti lubang wastafel.

Caranya adalah dengan menuangkan soda api ke dalam lubang wc. Dalam waktu singkat maka akan keluar gelembung-gelembung. Ini menandakan soda api sedang bekerja. Diamkan beberapa saat sebelum membilas wc.

Soda api ini akan menghancurkan kotoran organik sehingga kotoran akan melebur dan Mengalir ke septic tank. Soda api merupakan cara paling cepat mengatasi wc mampet tanpa perlu membongkar. Hanya saja sebaiknya gunakan soda api jika diperlukan saja. 

Itulah tadi beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi wc mampet. Cara mengatasi wc mampet tanpa bongkar ternyata mudah dan murah. Kami bisa dengan mudah menemukan bahan yang diperlukan disekitarmu,dan apabila cara diatas tidak bisa juga, anda bisa hubungi kami sebagai jasa saluran mampet jogja penanganan dengan alat canggih dan tanpa bongkar saluran atau bongkar-bongkar lantai.

WhatsApp