Cara Mengatasi Wastafel Mampet

Selasa, 08 Juni 2021 - 20:54:20 WIB

8 Cara Mudah Atasi Wastafel Mampet

Wastafel merupakan salah satu benda yang ada di rumah anda dan sering digunakan. Tak hanya digunakan untuk mencuci tangan saja, terkadang wastafel juga dipakai untuk membuang sisa pasta gigi saat anda sudah selesai sikat gigi atau mencuci perlengkapan lainnya. Kali ini artikel akan membahas seputar cara mengatasi wastafel mampet yang bisa anda coba di rumah.

Anda mungkin merasa kebingungan saat drainase wastafel tersumbat, Banyaknya kotoran dan air yang menumpuk, mungkin anda lebih memilih menggunakan jasa reparasi sebagai jalan terakhir yang bisa anda coba. Namun anda tak usah panik! Sebelum anda memanggil jasa reparasi wastafel, akan lebih baik jika anda menggunakan beberapa cara mudah dan murah yang bisa anda coba di rumah. Jika anda ingin tahu tips dan cara mudah untuk atasi wastafel mampet, langsung saja simak informasi ini. 

Selalu bersihkan sampah pada wastafel

Sebelum anda gunakan berbagai macam cara untuk membersihkan wastafel yang sedang mampet, akan lebih baik jika anda cek terlebih dahulu apakah wastafel tersebut tersumbat karena sampah atau tidak. Pastikan anda sudah membersihkan pembuangan atau wastafel dari sampah yang menumpuk dengan mengangkat semua sampah agar aliran air bisa berjalan dengan lancar kembali.

Gunakan air mendidih

Cara satu ini bisa dibilang murah dan mudah untuk melancarkan wastafel tersumbat. Anda bisa rebus air di atas kompor menggunakan teko, lalu anda bisa tuangkan air mendidih tersebut ke wastafel dan tunggu hasil selanjutnya. Jika ternyata masih mampet, anda bisa tuangkan air panas lagi ke wastafel dan diamkan beberapa saat. Anda bisa mencoba cara satu ini hingga berhasil.

Gunakan air panas dan garam

Jika menggunakan air panas saja tidak bisa mengatasi saluran wastafel yang mampet, anda bisa gunakan garam. Anda bisa buang sisa air pada wastafel, lalu tuangkan sekitar setengah gelas garam ke dalam saluran wastafel, lalu diamkan beberapa menit. Setelah itu anda bisa tuangkan air panas secara perlahan untuk menghilangkan sumbatan tersebut.

Gunakan baking soda dan garam

Kombinasi bahan baking soda dan garam adalah cara sempurna yang bisa anda coba untuk memperbaiki wastafel yang tersumbat. Campurkan setengah gelas garam dengan satu gelas baking soda, lalu anda bisa taburkan pada wastafel. Biarkan saja sekitar 3 hingga 4 jam. Setelah itu, anda bisa siram semuanya menggunakan air panas. Anda bisa ulangi cara mengatasi wastafel mampet ini.

Gunakan baking soda dan cuka

Sama seperti cara sebelumnya, anda harus buang sisa air yang menggenang pada wastafel. Lalu anda bisa tuangkan satu gelas cuka dan baking soda. Larutan tersebut akan menghasilkan gelembung-gelembung, namun saat buih tersebut sudah berhenti, anda bisa diamkan kurang lebih 15 menit lalu tuangkan air panas dan periksa apakah sumbatan tersebut sudah hilang. Anda bisa ulangi cara ini sampai berhasil.apa bila anda belum bisa serahkan ke ahlinya jasa sedot wc atau tukang saluran mampet.

Periksa P-Trap wastafel

Jika saluran wastafel anda mampet, anda bisa periksa P-Trap. Saluran tersebut dapat anda bersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan sumbatan. P-Trap adalah sejenis kurva pada saluran pembuangan pada bagian bawah wastafel dan biasanya terdapat di sebuah kotak. Anda bisa letakkan baskin di bawahnya untuk menampung air yang mungkin saja tumpah. Setelah itu anda bisa lepaskan P-Trap secara perlahan dari bagian pembuangan dan bersihkan semua kotoran yang ada di bagian tersebut. Anda bisa pasang kembali dan siram saluran wastafel anda dengan air sampai tidak tersumbat.

Gunakan alat sedot WC (plunger)

Jika cara sebelumnya tidak membuahkan hasil, anda bisa coba gunakan alat penyedot WC. Anda bisa gunakan cara yang sama saat WC anda tersumbat, seperti tutup lubang saluran pembuangan hingga rapat dengan alat penyedot tersebut, dorong hingga tidak ada udara lagi lalu tarik alat penyedot tersebut. Jika anda sudah mendengar salurannya bebas dari macet, lalu anda bisa siram menggunakan air panas hingga bersih dan tidak ada sumbatan lagi.

Gunakan drain snake

Alat satu ini memang bisa dibilang efektif untuk membersihkan kotoran yang menyebabkan wastafel tersumbat. Anda bisa lepas pipa pembuangan dan P-Trap di bagian bawah wastafel untuk memeriksa Stub Pipe yang biasanya menjalar pada bagian belakang tembok. Lalu anda bisa memasukkan alat drain snake binga anda bisa tahu adanya sumbatan. Nah itulah beberapa cara untuk menghilangkan sumbatan pada wastafel anda.

Untuk menjaga wastafel anda tetap bersih dan tidak tersumbat, anda bisa taburkan baking soda dan cuka secara teratur. Jika anda bisa melakukan pembersihan rutin, anda bisa gunakan baking soda dan cuka dengan takaran yang sama seperti setengah gelas untuk kedua bahan tersebut. Anda bisa biarkan bahan tersebut selama beberapa menit, dan anda bisa siram dengan air hangat secara perlahan.

Dalam hal ini akan lebih mudah jika anda melakukan langkah pencegahan wastafel tersumbat dibanding anda memperbaikinya, maka dari itu wastafel harus dijaga dari tumpukan sampah atau benda padat lainnya lalu segera buang sampah tersebut. Hal lain yang harus anda tahu adalah tidak membuang ampas kopi, rambut, minyak ke dalam saluran wastafel karena bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan.

Minyak dapat menjadi benda padat saat berada di suhu dingin, rambut bisa berubah menjadi jaring, ampas kopi bisa memblokir saluran wastafel – jika anda membiarkan hal tersebut terlalu lama maka bisa menghambat kotoran atau sampah lebih besar yang nantinya akan menghambat saluran wastafel anda. Selalu biasakan buang sampah pada tempatnya dan anda bisa coba ragam cara mengatasi wastafel mampet ini.

baca juga: Biaya saluran mampet

WhatsApp