cara mengatasi Saluran Air mampet dengan soda api

Senin, 27 Desember 2021 - 12:55:47 WIB

Atasi Saluran WC Mampet dengan Soda Api – Hanya 10 Menit

Cara mengatasi wc mampet dengan soda api bisa dibilang mudah. Anda hanya perlu tuangkan soda api ke saluran WC, lalu diamkan kurang lebih selama 10 menit. Namun anda harus tahu jika WC mampet bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kotoran organik yang meliputi kotoran manusia, tisu, kertas, lemak dan kotoran hewan.

Anda harus tahu jika soda api hanya bisa menghancurkan kotoran organik dan melancarkan kembali saluran pembuangan. Untuk kotoran yang sifatnya non-organik atau sulit terurai seperti plastik tak bisa dibersihkan menggunakan soda api. Karena zat ini adalah zat kimia yang mempunyai sifat korosif dan berbahaya jika terkena kulit atau mata. Pastikan anda menggunakan alat keamanan saat membersihkan WC menggunakan soda api.

Sifat zat yang suka dengan air, maka cairan ini akan memberikan reaksi keras pada air. Saat anda menuangkan cairan ke dalam air, maka panas akan naik dengan cepat bahkan bisa mendidih karena proses penguraian kristal soda api menjadi elektrolit natrium hidroksida. Hindari penggunaan soda api secara berlebihan.

Cara mengatasi wc mampet dengan soda api

Soda api adalah nama pasaran untuk bahan kimia Sodium Hidroksida atau sering disebut juga dengan Natrium Hidroksida (NaOH). Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika soda api akan membentuk gelembung-gelembung yang nantinya membantu proses penghancuran kotoran organik. Soda api juga tidak mengendap pada pipa pembuangan air atau septic tank karena bahan satu ini mudah larut dengan air.

Soda api mungkin tidak semanjur sulfuric acid dalam mengatasi WC mampet, namun zat ini lebih aman dan mudah digunakan. Pastikan anda selalu mengikuti petunjuk keselamatan sebelum mulai pembersihan. Tak ada jumlah pasti berapa soda api yang bisa anda gunakan karena tergantung pada tingkat keparahan penyumbatan pada WC.

Lebih baik jika anda bisa gunakan sedikit demi sedikit jika sumbatan masih ada. Durasi reaksi soda api dan air juga tidak mempunyai patokan pasti. Hal tersebut bergantung pada jumlah soda api yang anda gunakan.

Anda harus tahu jika soda api bisa mengakibatkan luka bakar pada kulit, anda harus bisa menggunakannya secara hati-hati. Gunakan sarung tangan karet untuk menghindari kontak langsung dengan soda api. Jika terkena kulit, pastikan anda mencucinya dengan air mengalir sebanyak mungkin. Gunakan masker supaya gas hasil reaksi tidak terhirup. Jauhkan wajah anda saat memberikan soda api ke dalam WC.

  •          Anda bisa lakukan langkah keselamatan di atas dengan menggunakan masker hidung, pelindung mata, sarung tangan karet, buka jendela atau pintu kamar mandi anda
  •          Pastikan WC tidak tergenang air melebihi batas ketinggian. Jika WC terlalu penuh, anda bisa tunggu beberapa saat hingga airnya surut dan kembali pada ketinggian yang sesuai
  •          Lalu mulai tuangkan setengah cangkir soda api ke dalam saluran WC menggunakan sendok plastik
  •          Anda tak usah menambahkan air lagi karena air di dalam WC sudah cukup untuk memberikan reaksi pada soda api
  •          Biarkan soda api mulai bereaksi selama 10 menit
  •          Jika masalah belum teratasi, anda bisa lakukan langkah ini sebanyak 2-6 dengan menggunakan soda api lebih banyak dengan durasi lebih panjang. Sebaiknya anda tidak menggunakan soda api terlalu banyak.

Jika WC anda masih mengalami penyumbatan setelah melakukan cara tersebut berulang kali, akan lebih baik jika anda menggunakan jasa penyedot WC. Tentunya lebih penting jika anda bisa melakukan tips pencegahan agar WC anda tidak mampet di kemudian harinya.

Baca juga :Biaya saluran mampet Jogja

Tips cegah saluran WC tidak mudah mampet

Sebetulnya WC mampet sudah menjadi hal umum yang banyak dialami oleh banyak pemilik rumah. Namun masalah saluran WC mampet memang harus diatasi secepat mungkin agar anggota keluarga bisa merasa nyaman dan aktivitas bisa berjalan normal kembali. Jika anda mengalami masalah saluran mampet padahal anda sudah menggunakan cara di atas, kemungkinan anda kurang hati-hati saat merawat WC. Karena WC yang anda pakai setiap hari harus selalu terjaga kebersihannya serta anda bisa merawatnya dengan mudah agar tidak mampet kembali.

Siram WC menggunakan banyak air

Cara pertama agar saluran anda tidak mampet adalah siram dengan menggunakan banyak air saat anda sudah selesai menggunakannya. Hal tersebut membuat kotoran akan masuk ke saluran septic tank dengan air yang mengalir tersebut. Semakin banyak air yang anda gunakan maka semakin bagus untuk membuat saluran WC anda lebih lancar. Tak perlu takut jika WC penuh karena air akan merembes ke tanah saat masuk ke septic tank.

Jangan buang sampah ke WC

Pastikan anda dan anggota keluarga lainnya tidak membuang benda atau sampah yang tidak seharusnya dibuang ke dalam WC, seperti bungkus sampo, pembalut, dll. Tentu anda sudah sering melihat larangan membuang sampah ke saluran WC yang bisa menyumbat saluran tersebut dan lama kelamaan bisa membuat WC anda mampet karena sampah menumpuk tersebut. Jangan lupa, sampah plastik juga sulit untuk terurai.

Pipa saluran tidak menekuk

Tips lain yang bisa anda coba adalah pembuatan saluran WC tidak berbelok atau menekuk dan anda harus selalu tahu kemiringan dan letak WC juga harus lebih tinggi dibandingkan dengan septic tank. Tujuannya adalah menghindari WC mampet. Sebelum anda membuat septic tank, pastikan anda perhatikan hal satu ini.  Itulah cara mengatasi wc mampet dengan soda api dan hal-hal yang bisa dilakukan agar WC tidak mudah mampet.demikian cara dari kami sedot wc Jogja paling murah untuk mengetahui layanan kami silahkan ceklayanan kami pada website ini.

WhatsApp