Cara Mengatasi Saluran Air Mampet

Rabu, 30 Juni 2021 - 13:06:16 WIB

Ini Dia Kiat Atasi Saluran Mampet, Dari Toilet Duduk Hingga Toilet Jongkok

Ada beragam cara mengatasi saluran air mampet seperti WC yang bisa anda coba di rumah.  Anda bisa coba berbagai cara di bawah ini untuk toilet jongkok atau duduk. Seperti yang kita tahu jika water closet mampet memang menjadi kendala besar untuk pengguna. Masalah tersebut bisa membuat seisi rumah merasa khawatir. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab WC anda mampet, salah satunya sering membuang sampah di WC.

Masalah WC mampet tak hanya dirasakan oleh satu keluarga saja, sudah banyak keluarga atau bahkan anda sendiri mengalami hal tersebut. Tak heran jika sudah banyak orang yang mencari informasi seputar tips atau kiat untuk mengatasi WC mampet di rumah. Apa saja ragam tips yang bisa anda gunakan? Anda bisa temukan informasi lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : biaya saluran mampet

Gunakan air panas dan sabun cuci piring

Cara mengatasi WC mampet yang pertama adalah anda bisa gunakan air panas dan sabun cuci piring. Anda bisa lakukan cara ini dengan mudah. Hanya perlu siapkan satu cangkir sabun cuci piring, handuk, dan air panas secukupnya. Lalu anda bisa letakan handuk tersebut di sekitar lantai WC. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari tumpahan air yang mungkin keluar.

Setelah itu anda bisa masukkan sabun cuci piring ke dalam saluran WC dan biarkan saja sampai sabun mengendap dengan sendirinya. Hal tersebut gunanya untuk melicinkan saluran pipa pada WC supaya jika ada benda yang tersumbat dapat mengalir ke bagian septic tank dengan mudah. Tuangkan air panas secukupnya ke WC. Namun pastikan air tidak meluber sampai ke luar WC.

Diamkan saja selama kurang lebih 20 menit dan siram menggunakan air biasa. Cara tersebut bisa anda lakukan baik di toilet jongkok ataupun duduk. Jika cara satu ini gagal, anda masih bisa gunakan cara lainnya.

Gunakan cuka dan baking soda

Cara mengatasi saluran WC mampet lainnya adalah gunakan cuka dan baking soda. Apakah anda tahu jika cuka dan baking soda merupakan bahan dapur yang bisa anda gunakan untuk mengatasi ragam masalah yang ada di rumah. Bahkan anda bisa gunakan bahan dapur tersebut untuk memperbaiki WC yang mampet.

Penggunaannya pun juga sangat sederhana. Cukup taburkan satu cangkir baking soda pada permukaan air WC. Tunggu sampai baking soda mulai mengendap. Lalu anda bisa tuangkan 2 cangkir cuka ke dalam WC dan lakukan gerakan memutar agar cuka bisa menyebar pada bagian WC secara merata.

Lalu akan muncul gelembung yang disebabkan oleh reaksi dari kedua bahan tersebut. Anda tak usah merasa khawatir saat melihat gelombang tersebut. Esok harinya anda akan menemukan jika WC anda sudah tidak mampet lagi. Cara satu ini sama mudahnya bukan?

Gunakan Plastik Wrap

Cara mengatasi saluran air mampet lainnya adalah gunakan plastik wrap atau plastik makanan. Plastik ini sering anda gunakan saat ingin membungkus buah potong, makanan, dan sayuran di supermarket. Cara satu ini juga tak kalah mudah dengan cara sebelumnya. Anda hanya gunakan plastik wrap saja. Anda bisa menutup dudukan WC dengan menggunakan plastik wrap. Pastikan jika plastik sudah terpasang sempurna, lalu anda bisa pencet tombol flush pada WC tersebut.

Plastik wrap akan mengembang dan anda bisa memencet tombol flash berulang kali. Nantinya plastik wrap akan menekan balik udara yang terdapat pada WC tersebut. Sehingga tekanan udara bisa mendorong benda yang membuat WC tersumbat. Cara satu ini juga bisa anda coba di WC jongkok juga.

Gunakan gantungan baju kawat

Gantungan baju kawat dapat menjadi salah satu cara yang bisa anda gunakan saat WC mampet, mungkin alat satu ini tidak pernah terpikirkan oleh anda. Penggunaan gantungan baju kawat bisa anda lakukan jika penyebab mampet tidak terlalu jauh dari jangkauan anda.

Anda bisa potong gantungan baju kawat menjadi lurus. Lalu bungkus bagian kawat yang tajam menggunakan kain. Lalu anda tempelkan bagian tersebut dan membuat WC anda tidak rusak nantinya. Anda bisa masukkan ujung lancip gantungan yang sudah dilapisi kain ke dalam WC. Dorong penyebab sumbatan pelan-pelan hingga air dapat masuk ke saluran WC. Lalu anda bisa membilasnya menggunakan air bersih dan periksa apakah WC tersebut masih mampet atau tidak.

Gunakan botol bekas

Cara atasi WC mampet selanjutnya adalah dengan gunakan botol bekas. Pastikan botol tersebut sudah tidak anda gunakan lagi. Nantinya botol bekas tersebut akan digunakan pada lubang WC. Prosesnya pun cukup mudah. Temukan informasi lengkapnya di sini.

Mulai potong botol plastik sekitar 10 cm pada bagian dekat mulut botol. Lalu anda dapat masukkan ujung pbotol yang sudah dipotong tersebut ke WC. Anda bisa tekan perlahan supaya penyebab sumbatan bisa masuk ke dalam septic tank. Pastikan untuk menyiram WC dengan air biasa agar anda tahu apakah saluran tersebut sudah tidak macet atau sebaliknya. Lakukan cara ini secara berulang supaya wc anda bisa berfungsi kembali.

Gunakan penyedot WC

Jika beragam cara mengatasi saluran air mampet di atas tidak berhasil, anda bisa gunakan alat penyedot WC yang sudah banyak dijual. Hal tersebut bisa menjadi pilihan terakhir jika cara diatas sudah tidak berhasil lagi. Namun jika menurut anda membeli alat penyedot WC terbilang merepotkan, anda juga bisa gunakan jasa sedot WC Jogja tanpa anda repot-repot mengurusnya sendiri.

WhatsApp